Isyarat Visual

KODE ISYARAT INTERNASIONAL


Kode isyarat internasional pada dasarnya dimaksudkan untuk memberikan cara-cara dan sarana - sarana berkomunikasi dalam situasi yang ada hubungannya dengan keselamatan pelayaran dan orang-orang khususnya apabila terdapat kesulitan bahasa .kode ini juga diadakan dengan memperhatikan kenyataan bahwa frekuensi radio telegraphy cukup tinggi terutama ketika tidak ada kesulitan dalam bahasa. oleh karena itu diusunlah suatu aturan yang sederhana agar komunikasi dapat dilakukan secara efektif.

Pengelompokan kode isyarat internasional.
Agar kode isyarat ini dapat dilaksanakan secara effektif perlu diadakan suatu pengelompokan kode isyarat, adapun pengelompokon kode isyarat adalah sebagai berikut : 
  1. Isyarat huruf tunggal, Isyarat ini terdiri dari satu huruf, diperuntukan keadaan yang sangat mendesak (urgent), penting atau digunakan untuk berita yang sangat umum. 
  2. Isyarat dua huruf, terdiri dari dua huruf, diperuntukan untuk berita -berita distress atau emergency sesuai yang terdapat dalam “chapter 2 section 1 international” code of signals”
  3. Isyarat tiga huruf yang diawali dengan huruf “M” diperunttikan untuk berita berita medis sesuai yang terdapat dalam chapter 3 international code of signal.


Kode runduk pada azas dasar bahwa masing - masing isyarat harus mempunyai suatu arti yang lengkap.

Azas dasar ini dipatuhi dalam seluruh kode. dalam hal - hal tertentu, jika dianggap perlu, dipergunakan pula angka - angka bulat untuk melengkapi kelompok - kelompok yang telah ada.

DEFINISI - DEFINISI

  1. Sitertuju, Pejabat kepada siapa sesuatu isyarat dialamatkan
  2. kelompok, Adalah suatu huruf atau lebih dan atau angka atau lebih
  3. sebuah pancangan, Terdiri atas suatu kelompok atau lebih yang dikibarkan pada seutas tali bendera tunggal. Sebuah pancangan, disebut berada di tengah2 apabila pancangan itu dikibarkan kira2 di setengah ketinggian maksimal dari tali bendera. Sebuah pancangan atau isyarat disebut berada di puncak apabila isyarat itu di ketinggian maksimal yang dapat dicapai oleh tali bendera.
  4. Isyarat identitas, Atau nama identitas (call sign) adalah kelompok huruf2 dan angka2 yang diberikan oleh administrasi pemerintahannya kepada masing2 station.
  5. Kelompok angka, Adalah sebuah kelompok yang terdiri satu angka atau lebih
  6. Orginator, Pejabat yang menyuruh dipancarkannya suatu berita
  7. Prosedur, ketentuan2 atau aturan2 yang dibuat untuk menyelenggarakan isyarat
  8. Isyarat prosedur, sebuah isyarat yg dibuat untuk mempermudah isyarat dilaksanakan
  9. Station penerima, Station yang olehnya suatu isyarat benar2 dibaca
  10. Pengisyaratan bunyi, Setiap sistem isyarat pemberian isyarat morse dengan menggunakan sirine, suling, koro kabut, lonceng atau alat2 bunyi lain.
  11. Station, berarti sebuah kapal, pesawat terbang, pesawat penyelamat, atau setiap tempat dimana komunikasi dapat diselenggarakn dengan menggunakan apapun juga.
  12. Station tujuan, Station dimana isyarat pada akhirnya diterima oleh sitertuju
  13. Station asal, Station dimana originator menyerahkan sesuatu untuk dipancarkan, tanpa memperhatikan sistem komunikasi yang dipergunakan
  14. Tali pemisah, adalah seutas tali bendera yang panjangnya kira2 6 kaki (2m), dipergunakan untuk memisahkan atau membagi masing2 kelompok bendera
  15. Waktu asal, Saat pada waktu mana isyarat di order untuk dikirimkan.
  16. Station pemancar, Station yang oleh station itu sesuai isyarat benar2 dibuat
  17. Pengisyaratan visual, setiap sistem komunikasi yang pengisyaratannya dapat kelihatan / dilihat 

Prinsip dasar kode isyarat internasional 

Prinsip dasar dari kode ini adalah bahwa setiap bentuk isyarat harus memiliki pengertian yang lengkap prinsip ini berlaku untuk semua kode yang ada, sehingga dalam hal-hal tertentu jika dianggap perlu dipergunakan ”pelengkap (complement) yang mempergunakan. angka bulat untuk melengkapi kelompok kelompok kode yang telah ada.



CARA BERKOMUNIKASI DENGAN BENDERA

Berkomunikasi dgn bendera,Cara menyatakan :

#Memanggil :

1.Jika mana panggilan kapal diketahui : Kibarkan mana panggilan kapal/call sign dari kapal yg akan di panggil bersama sama dgn mana panggilan/call sign kapal sendiri.

2.Jika mana panggilan kpl tdk diket,Kibarkan nm panggilan kpl kt sendiri&Isyarat
~VF = harap kibarkan isyarat identitas anda
~CS = apakah nama atau isyarat identitas kpl anda
~YQ = saya ingin berkomunikasi mempergunakan bendera kode internasional dgn kpl yg baringannya.....dari saya.

#Membalas/menjawab : ujar2 balas dikibarkan setengah tiang kemudian ular2 balas dinaikkan penuh setelah memahami maksud pancangan,kemudian ular2 balas setengah tiang lagi setelah pancangan stasiun pengirim menurunkan pancangannya,begitu seterusnya sampai selesai pengiriman berita.

#Semboyan tidak dimengerti,kibarkan isyarat :
1.ZQ = Isyarat anda agaknya tidak dikodekan dgn benar, harap diperiksa&ulangilah seluruhnya
2.ZL = isyarat anda telah diterima,tetapi saya tidak memahami maksudnya
3.ZK = Saya tidak dapat mengenali isyarat anda harap diulangi dgn menggunakan...(tabel pelengkap 1)

#Mengakhri isyarat :
Stasiun pengirim mengibarkan ular2 balas penuh (dipuncak tiang) setelah isyarat selesai stasiun penerima menirukannya kemudian pengirim isyarat menurunkan ular2 balas&stasiun penerima menirukannya.

#Cara Mengakhiri Berita dgn :

1.Semboyan bendera = stasiun pengirim mengibarkan ular2 balas penuh(dipuncak tiang) setelah isyarat selesai stasiun penerima menirukannya kemudian pengirim isyarat menurunkan ular2 balas&stasiun penerima menirukannya.

2.Cahaya = stasiun pengirim mengirim kode morse AR stasiun penerima membakar dgn kode morse R.

3.Semaphore = stasiun pengirim mengirim kode AR & dibalas dgn C.

4. Telephoni = Stasiun pengirim mengucapkan AR (alfa romeo) dibalas R (romeo).


Isyarat indentitas = isyarat pengenal = nama panggilan ialah kelompok huruf2&angka2 yg ditetapkan oleh administrasi pemerintahnya kpd masing stasiun
Isyarat prosedur ialah isyarat yg dibuat utk mempermmudah pelaksanaan pengisyaratan
Pegisyaratan Visual ialah setiap cara berkomunikasi yg pengisyaratannya dapat terlihat.
Pengisyaratan bunyi ialah setiap cr pengisyaratan morse dgn mempergunakan sirene,suling,selompret kabut,bel Atau alat isyarat bunyi lainnya.
prosedur isyarat ialah aturan2 yg dibuat utk melakukan pengisyaratan

Arti Isyarat dari :
1.C = pembenaran atau penegasan dr kelompk berita yg terdahulu
2.N = penyangkalan atau tdk
3.RQ = pertanyaan / penegasan bawhwa kelompok terdahulu adlh kalimat tanya

#isyarat c,n,rq tidak boleh digandengkan dgn isyarat 1 huruf Karena Isyarat 1 huruf menunjukkan pengertian2 yg sangat urgent,penting,atau yg sudah lazim digunakan sehingga pengertiannya akan sangat berbeda jika isyarat c,n&rq digandengkan dgn isyarat 1 huruf & akan menimbulkan kebingungan si penerima.

7 macam Isyarat bahaya ;

1.Sebuah tembakan meriam dgn antara lebih kurang 1 menit.
2.Roket2 bahaya yg memancarkan bintang2 merah yg ditembakkan 1 demi 1 dgn selang waktu yg pendek.
3.Isyarat yg dibuat oleh pesawat radio telegrafi terdiri atas kelompok SOS ( ÀÀÀ _ _ _ ÀÀÀ )
4.isyarat yg dipancarkan dgn menggunakan pesawat radio telepon yg terdiri atas kata yg diucapkan May Day
5.Kode isyarat bahaya internasional yg ditunjukkan dgn huruf Nc.
6.Isyarat alarm radio telegraphi
7.Isyarat alarm radio telephoni

Dasar peraturannya ; Ditetapkan oleh peraturan2 internasional untuk membahag tubrukan dilaut (Colreg 72) pasal 31.

5 cara berisyarat (tabel pelengkap 1)=

1.Semaphore
2.Isyarat Morse dgn bendera tangan atau lengan2
3.Pengeras suara
4.Cahaya
5.Bunyi

GMDSS Mulai dikenalkan pertama kali melalui Solas 74 amandement tahun 92,mulai diberlakukan pada bulan februari 1992 dan pemberlakuan secara penuh GMDSS bagi setiap kapal baik kapal2 baru maupun kapal2 lama pada 1 februari 99.

Epirb ( Emergency posisition indicating radio beacon ) ialah rambu radio penentu posisi dalam keadaan darurat cara kerjanya ketika kapal dlm keadaan marabahaya akan memancar dan diterima oleh satelite dan diteruskan kestasiun bumi ( LUT ) disini diproses data2nya dan diteruskan ke MRCC Ke Rcc selanjutnya ke team Sar.

DSC ialah Suatu sistim panggil yg memanfaatkan teknologi digital dgn klas emisi setara NBDP ( telex ) sehingga suatu stasiun mampu memanggil stasiun lain yg dikehendaki baik 1 sts maupun beberapa sts sekaligus tanpa mengganggu sts lain dan sipenerima panggilan tdk harus stand by setiap saat.


Kegunaan ular2 balas :

1.Sbg isyarat sambut
2.Sbg isyarat tnda koma
3.Sbg isyarat akhir
4.Sbg isyarat eja
5.Apabila dikibarkan oleh sebuah kapal perang berarti ia hendak berkomunikasi dgn sebuah kapal niaga.

Berkomunikasi dgn bendera,Cara menyatakan :
a.Memanggil : 
    1. isyarat identitas stasiun yg dituju dkibarka atau
    2. VF = harap kibarkan isyarat identitas anda
    3. CS = apakah nama atau isyarat identitas kpl anda atau
    4. YQ = saya ingin berkomunikasi mempergunakan…(daftar pelengkap I ) dgn kpl yg baringanya…dari saya
b.Membalas menjawab : mengibarkan ular² penjawab ditengah² dan dikibarkan ke puncak setelah memahami maksudnya & diturunkan kembali ditengah.
c.Semboyan tidak dimengerti: kibarkan isyarat:
ZQ = Isyarat anda rupa²nya tidak dikodekan dgn benar, harap diperiksa & ulangilah seluruhnya  atau
ZL = isyarat anda telah diterima,tetapi tidak dimengerti
d.Mengakhri isyarat :
Stasiun pengirim mengibarkan ular² penjawab saja stlh kibaran isyarat yg terakhir & stasiun penerima mengibarkan ular² penjawab ke puncak tiang lalu dturunkan kembali di tengah-tengah tiang

KODE KHUSUS

AA: all after: dpgunakn stlh isy ulang (RPT), berarti ulangi semua setelah
AB: all before: =
ulangi semua sbelum
WA: Word or Group after: =
ulangi kata/kelompok setelah
WB: WoG before: =
ulangi k/k sblum
BN: all between..n..: =
ulangilah semua diantara..dan..a



BENDERA - BENDERA ISYARAT , ARTINYA DAN MORSE

---
KODE PHONETIK
& MORSE
KODE BENDERA
ARTI ISYARAT HURUF TUNGGAL

A

Alfa

     

I have a diver down; keep well clear at slow speed
Di bawah saya ada juru selam, jauhilah saya dengan laju pelan.

B

Brafo

   • • •
I am taking in, or discharging, or carrying dangerous goods
Saya sedang memuat, membongkar atau membawa barang berbahaya.

C

Charlie

 ─ • ─ •


Yes (Affirmaive or “The significance of the previous group should be read in the affirmative”).
Ya (Affirmative atau "Menunjukkan bahwa kelompok yang mendahului­nya harus          dibaca Affirmative").
D

Delta

  ─ • •


Keep clear of me; I am manouvring with difficulty.
Jauhilah saya, saya sukar mengolah gerak.

E

Echo

  

I am altering my course to starboard.

Saya sedang merobah haluan kekanan.


F

Foxtrot

• • ─ •



I am disabled; communicate with me

Kapal sayar usak, hubungilah saya.




G


Golf

─ ─ •
I reqire a pilot
When made by fishing vessels operating in close proximity on the fishing ground it means: “I am haluling nets”
Saya membutuhkan pandu.
Apabila dibuat oleh kapal penangkap ikan yang sedang operasi men­dekati daerah penangkapan ikan berarti :"Saya sedang menarik jaring"

H

Hotel

     • • • •


I have a pilot on board.

Di atas kapal saya ada pandu.


I

India

• •


I am altering my course to port

Saya sedang merobah haluan kekiri.



J

Juliet

• ─ ─ ─




Keep well clear of me, I am on fire and have dangerous cargo on board, or I leaking dangerous cargo
Jauhilah saya, Kapal saya kebakaran dan mempunyai muatan berba­haya di atas kapal.


K

Kilo

─ • ─


I wish to communicate with you.

Saya ingin berkomunikasi dengan anda.


L

Lima

    • ─ • •
You should stop your vessel instantly.

Anda harus berhenti dengan segera.


M

Mike

─ ─

My vessel is stopped and making no way through the water.

Kapal saya berhenti dan tidak mempunyai laju terhadap air.




N



November

─ •

No (negative or “The significance of the previous group should be read in the negative”). This signal may be given only visually or by sound. For voice or radio transmission the signal should be “NO”.
Tidak (Negatif atau" Menunjukan bahwa kelompok yang mendahului­nya harus      dibaca negatif"). Isyarat ini hanya boleh dikirim dengan Visual atau bunyi. Untuk pengiriman dengan suara atau radio, harus di­isyaratkan dengan "NO".

O

Oscar

   ─ ─ ─


Man overboard

Orang jatuh ke laut.





P



Papa

   • ─ ─ •




In harbor. All persons sould report on board as the vessel is about to proceed to sea.
At sea. It may also be used as the vessel is about to proceed to sea.
At sea. It may be fishing vessels to mean:“My nets have come fast upon an obstruction
Dipelabuhan,Semua orang harus melapor di atas kapal karena kapal segera berangkat ke laut.
Di Laut, Boleh juga dibuat dengan isyarat bunyi, artinya: “Saya membutuhkan pandu”.
Di Laut, Boleh digunakan oleh kapal penangkap ikan,artinya: “jarring saya tersangkut pada suatu rintangan.

Q

Quebec

─ ─ • ─
My vessel is“healthy“ and request free pratique.

Kapal saya "Sehat" dan mohon bebas pratique.

R

Romeo

• ─ •



S

Sierra

• • •


am operating astern propulsion.

Saya sedang bergerak mundur.



T

Tango

      



Keep clear of me : I am engaged in pair trawling.

Jauhilah saya, saya tersangkut pada sepasang trawl (Pukat).

U

Uniform

    • • ─


You are running into danger.

Anda mengemudikan haluan yang berbahaya.


V

Victor

    • • • ─



I require assistance.

Saya membutuhkan bantuan.


W

Whiskey

   • ─ ─



I require medical assistance.

Saya membutuhkan bantuan dokter.


X

X-ray

─ • • ─


Stop carrying out your intentions and watch for my signals.

Batalkan maksud anda dan perhatikan isyaratsaya.



Y
Yankee

   ─ • ─ ─


I am dragging my anchor.

Saya sedang menghibob jangkar.




Z


Zulu

─ ─ • •





I require a tug.
When made by fishing vessels operating in close proximity on the fishing grounds it means:” I am shooting nets.
Saya membutuhkan tundaan.
Apabila dibuat oleh kapal penangkap ikan yang sedang beroperasi   di daerah   penangkapan ikan, berarti : "Saya sedang menebarj aring".



ULAR-ULAR ANGKA






















































TABEL ISYARAT MORSE DENGAN BENDERA TANGAN ATAU LENGAN


Komentar

Posting Komentar